Laman

Minggu, 07 Agustus 2011

CAUSATIVE: HAVE&GET

Causative ‘have’ adalah susunan kalimat yang menggunakan kata ‘have’ untuk
menyatakan perbuatan yang dikerjakan orang lain untuk ‘subject’. Jadi kata ‘have’ di
sini berarti meminta, menyuruh, atau memerintah.
Bentuk-bentuk have:
1. have/has (present), sesuaikan dengan subjectnya
2. had (past)
Jenis Causative have:
1. Untuk Object Aktif : Object melakukan pekerjaan
Subject + have + Obj-aktif + Verb1
(Verb1 sering diartikan: me- / ber- )
Contoh:
I have the man clean the room ------ present
(Saya meminta orang itu membersihkan ruangan)
I = Subject
have = have
the man = obj-aktif
clean = Verb1
She has the man clean the room ------ present
(Dia meminta orang itu membersihkan ruangan)
We had the man clean the room yesterday ------ past
(Kami meminta orang itu membersihkan ruangan kemarin)
Perhatikan:
􀂷 Penggunaan have (have/has/had)
􀂷 Object Aktif (the man) --- melakukan pekerjaan
􀂷 Untuk memudahkan penerjemahan, Verb1 setelah object, artikan me- / ber-
2. Untuk Object Pasif : Object dikenai pekerjaan / yang dikerjakan
Subject + have + Obj-pasif + Verb3
(Verb3 sering diartikan: di- / ter- )
Contoh:
I have the room cleaned ------ present
(Saya meminta ruangan itu dibersihkan)
I = Subject
have = have
the room = obj-pasif
cleaned = Verb3

She has the room cleaned ------ present
(Dia meminta ruangan itu dibersihkan)
She had the room cleaned ------ past
(Dia meminta ruangan itu dibersihkan)
We had the room cleaned yesterday ------ past
(Kami meminta ruangan itu dibersihkan kemarin)
Perhatikan:
􀂷 Penggunaan have (have/has/had)
􀂷 Object pasif (the room) --- dikenai pekerjaan (yaitu dibersihkan)
􀂷 Untuk memudahkan penerjemahan, Verb3 setelah object, artikan di- / ter-
Ringkasan:
have + Obj + V1--- aktif (me-/ber-)
have + Obj + V3 --- pasif (di-/ter)
Bandingkan seandainya salah dalam menentukan Verb1 ataukah Verb3
􀂷 I have the room cleaned ------- benar
(Saya meminta ruangan itu dibersihkan)
􀂷 I have the room clean ------ salah (tidak logis)
(Saya meminta ruangan itu membersihkan)
--------------
Untuk Jenis Causative get, perbedaannya hanya di Object Aktif yaitu menggunakan
to-Verb1
1. Object Aktif: Subj + get + Obj-aktif + to-Verb1
I get the man to clean the room. (Saya meminta orang itu membersihkan
ruangan)
2. Object Pasif: Sub + get + Obj-pasif + Verb3
I get the room cleaned (Saya meminta ruangan itu dibersihkan)
Contoh Soal:
1. It is impossible for me to translate the book; so I had my assistant ______ it.
A. translate
B. to translate
C. translating
D. translated
E. to be translated
Pembahasan: so I had my assistant....it (jadi saya meminta asisten saya ..... buku itu). Cara
Cepat, yang logis adalah menterjemahkan, berarti aktif, menggunakan Verb1
(translate).
Jawab: A
2. Dani : Your dress looks very nice. Did you make it yourself?
Mia : No, ______.
A. I had it make at the tailor
B. the tailor had me make it
C. I had the tailor made it
D. The tailor had it make
E. I had it made at the tailor
Pembahasan: Kata it maksudnya adalah your dress. Ingat, dalam causative Verb1
diartikan me-/ber-, Verb3 diartikan di-/ter-. (A) Saya meminta baju itu membuat di
penjahit. (B) Penjahit meminta saya membuat baju itu. (C) Saya meminta penjahit
dibuatkan baju itu. (D) Penjahit meminta baju itu membuat. (E) Saya meminta baju itu
dibuatkan di penjahit. Maka jawaban yang logis adalah (E).
Jawab: E

Tidak ada komentar:

Posting Komentar